Juli 21, 2021

Jenis Akrilik Warna dan Pemanfaatan yang Dapat Digunakan

Berbagai macam jenis akrilik yang dapat mempercantik rumah. Akrilik merupakan bahan yang cukup banyak digunakan untuk keperluan yang berbeda. Kebanyakan, yang menarik adalah karena akrilik warna sangat beragam dan terlihat sangat elegan. 

Akrilik bukan hanya sebagai hiasan saja, melainkan sudah banyak perabotan rumah yang juga menggunakan akrilik sebagai dekorasi. Bahan akrilik ini memang membuat rumah menjadi sangat cantik, mewah, dan elegan. 

Akrilik warna

Namun, mungkin masih banyak yang belum familiar dengan bahan yang satu ini. Masih banyak yang mengetahui akrilik ini ditemukan di manik-manik saja. 

Pengertian dan Sejarah Akrilik

Akrilik diciptakan pertama kali pada tahun 1843. Asam metacrilik dan metanol dicampur dan kemudian membentuk methyl methacrylate. Kemudian Polymethyl methacrylate atau akrilik ini ditemukan pada tahun 1930. 

Rowland Hill dan John Crawford, seorang kimiawan dari Inggris ini yang menemukannya. Ternyata, di waktu yang sama seorang kimiawan dari Jerman juga menciptakan akrilik dengan cara memisahkan molekul. 

Otto Rohm dan Haas AG, seorang kimiawan dari Jerman tersebut memberi nama Plexiglas. Sedangkan, Rowland Hill memberi nama Perspex. 

Akrilik merupakan plastik polimer transparan yang berupa lembaran. Akrilik ini menjadi bahan substitusi dari kaca. Akrilik memiliki bahan yang cukup ringan dan sifat-sifat akrilik membuatnya lebih unggul.

Akrilik ini memiliki kemampuan untuk mentransfer cahaya, menahan panas, dan mempunyai kemampuan yang lebih struktural dari kaca. Akrilik memiliki bahan yang tidak mudah pecah, ringan, dan mudah untuk dipotong. 

Sifat yang dimiliki akrilik, membuat bahan ini menjadi material yang cukup ideal untuk digunakan dalam berbagai hal. 

Akrilik dapat dicetak menjadi lembaran akrilik dan dapat membuat beberapa bentuk sesuai dengan keinginan. Harganya tidak terlalu mahal seperti kaca, akrilik dapat dimiliki dengan harga yang terjangkau. 

Sifat dan Ciri Akrilik 

Dapat dipastikan bahwa bahan akrilik dan kaca ini sangat berbeda. Maka, akrilik memiliki sifat dan ciri sebagai berikut. 

  1. Sama halnya dengan kaca, akrilik juga memiliki sifat yang bening dan transparan atau tembus pandang. 
  2. Akrilik memiliki bahan yang kuat, lentur, dan tahan lama. 
  3. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa akrilik ini mempunyai sifat lentur dan tidak mudah pecah. Sehingga bahan akrilik cukup fleksibel untuk dibentuk. 
  4. Akrilik menjadi bahan material dengan kategori yang cukup ringan. 
  5. Akrilik menjadi bahan yang tahan terhadap cuaca. 
  6. Bukan halnya seperti kaca, akrilik memiliki bermacam-macam warna. Tidak hanya warna transparan saja, melainkan cukup beragam. 
  7.  Setiap bahan akrilik merupakan bahan yang ramah lingkungan. Tidak ada bahan kimia berbahaya yang dimiliki oleh akrilik ini. 
  8.  Jangan khawatir dengan perawatannya, akrilik ini memberikan bahan yang mudah dalam perawatannya. Biasanya, hanya dengan dibersihkan saja akrilik sudah dapat seperti semula. 

Sepertinya sudah memiliki gambaran mengenai bahan akrilik ini. Sudah cukup terlihat keindahan yang dimiliki oleh bahan ini. Namun, ternyata bahan ini memiliki beberapa jenis. 

Jenis-Jenis Akrilik 

Akrilik ini memiliki jenis yang berbeda sesuai dengan keperluan dan kebutuhan konsumen. Maka, ada beberapa jenis akrilik yang perlu diketahui. 

1. Akrilik Cetak (Cast Acrylic)

Jenis ini merupakan campuran dari bahan-bahan yang dibutuhkan dalam bentuk cairan panas. Proses ini biasanya melalui lelehan dan kemudian dituangkan di cetakan untuk membentuk sesuatu yang diinginkan. 

Akrilik ini memiliki mutu yang lebih baik. Selain itu, juga memiliki bahan yang cukup mahal dibandingkan jenis lainnya. Akrilik ini membutuhkan peran manusia dalam pembuatannya. 

2. Akrilik Ekstruksi (Extruded Acrylic) 

Akrilik jenis ini cukup membutuhkan cetakan dalam proses pembuatannya. Proses pembuatannya membutuhkan mesin, dengan cara menekan akrilik menjadi sebuah bentuk. Harga dari jenis akrilik ini cukup terjangkau. 

Akrilik ini memiliki tekstur yang lembut dan lebih mudah tergores. Namun, dengan kekurangan tersebut ternyata akrilik ini memiliki mutu yang sangat baik. Selain itu, cukup laku dalam pembuatan plang, display, dsb. 

3. Akrilik Lembaran Transparan (Clear Acrylic Sheeting) 

Jenis akrilik ini hanya berbentuk lembaran transparan. Akrilik jenis ini mungkin sudah cukup umum dan paling mudah ditemui. Biasanya, akrilik jenis ini dapat digunakan sebagai pengganti kaca dalam perabotan untuk meja. 

4. Akrilik Lembaran Berwarna (Colored Acrylic Sheeting) 

Akrilik warna ini menjadi pilihan bagi yang ingin memiliki tampilan dengan berwarna. Akrilik jenis ini memiliki beberapa jenis warna. 

Kelebihan dan Kekurangan 

Jenis bahan akrilik ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat ditemukan. 

1. Kelebihan 

Saat ini sudah banyak toko bangunan yang mulai menjual jenis bahan akrilik ini. Meski banyak dan sering digunakan, akrilik ini memiliki warna yang solid, semi opaque, anti cahaya. 

Berbeda dengan kaca, akrilik ini memiliki sifat yang tidak mudah pecah dan lebih kuat. Maka, banyak yang menjual jenis bahan akrilik ini dengan terjangkau. 

Jangan khawatir jika bahan akrilik ini tidak awet digunakan, karena akrilik menjadi salah satu bahan material yang cukup awet. 

2. Kekurangan  

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh akrilik ini, bahan ini juga memiliki kekurangan. Biasanya akrilik tidak tahan terhadap goresan. Jika terjadi goresan akan cukup terlihat membekas. 

Memang benar, bahan ini dapat memantulkan sinar. Namun, bahan ini tidak cukup kuat jika terkena panas yang berlebihan. Walaupun mudah untuk dibersihkan, bahan akrilik ini cukup mudah untuk kotor jika mengenai lemak atau minyak. 

Akrilik ini penggunaannya cukup hati-hati, karena bahan ini mudah patah jika mendapatkan tekanan yang lebih tinggi. 

Penggunaan Akrilik 

Akrilik juga dapat dibentuk sesuai keinginan dan akrilik juga dapat menjadi beberapa bahan yang dapat digunakan. Inilah beberapa pemanfaatan yang dapat digunakan dengan bahan akrilik. 

1. Meja 

Bahan akrilik ini juga dapat dibentuk dengan meja serbaguna, sebagai meja untuk menempatkan laptop, makanan, atau belajar. Tidak hanya meja berukuran kecil saja, melainkan ada yang memproduksi meja dengan ukuran cukup besar. 

2. Kursi 

Selain meja, akrilik juga dapat digunakan dalam pembuatan kursi. Biasanya, kursi yang dibuat dengan akrilik digunakan untuk meja rias. Jangan khawatir untuk ketahanannya. Kursi akrilik menggunakan bahan yang cukup tebal sehingga dapat menahan berat tubuh. 

3. Toples 

Saat ini sudah banyak yang memproduksi toples dari akrilik. Karena memiliki bahan yang tidak mudah pecah, maka penggunaan akrilik ini dapat digunakan sebagai toples. Bahan akrilik ini cukup aman untuk makanan karena tidak mengandung bahan kimia beracun. 

4. Vas 

Salah satu jenis akrilim juga ada yang berwarna, maka tak jarang banyak yang membentuk akrilik ini menjadi vas. Vas dari akrilik biasanya akan menambah ruangan menjadi lebih indah dan mewah. 

5. Tempat sabun cair 

Bagi yang pernah ke restoran dan hotel, biasanya cukup sering ditemukan tempat sabun cair yang berasal dari bahan akrilik ini. Tempat sabun cair dari akrilik dapat menjaga kualitas dari sabun tersebut. 

6. Rak pajangan 

Akrilik dengan warna bening juga dapat membuat rak pajangan. Rak dengan bahan akrilik ini sangat kokoh dan menambah unsur yang cantik pada dekorasi ruangan. 

7. Tempat kosmetik 

Bagi perempuan yang memiliki banyak kosmetik, kini sudah banyak yang menjual rak kosmetik berbahan dasar akrilik ini. Rak dari akrilik ini, konsumen dapat menaruh berbagai jenis kosmetik. Biasanya, rak kosmetik sudah disesuaikan dengan ukuran dari kosmetik tersebut. 

8. Gelas 

Sudah banyak restoran yang menggunakan gelas dengan bahan akrilik ini. Karena, bahan akrilik ini tidak mudah pecah jika jatuh. Selain itu, jika menggunakan bahan akrilik biasanya tidak terlalu berat seperti berbahan dasar kaca. 

9.  Wax 

Wax tidak hanya digunakan untuk kaca saja, melainkan dapat digunakan untuk akrilik. Jika dibersihkan dengan wax akan menghasilkan warna yang lebih kinclong. 

10. Amplas 

Jika akrilik mengalami goresan, sebaiknya cukup dengan amplas untuk memperbaikinya. Namun, penggunaan amplas ini cukup pelan-pelan dan hati-hati. 

Masih banyak lagi penggunaan akrilik yang dapat ditemukan di sekitar Anda saat ini. Akrilik menjadi bahan yang cukup primadona saat ini. Sudah banyak keunggulan yang didapatkan dengan bahan akrilik ini. 

Memilih akrilik warna juga sangat cocok untuk yang suka dengan colorfull. Apalagi, saat ini warna akrilik beragam dan indah-indah untuk dibuat di berbagai perabotan. Pastikan untuk memilih bahan akrilik sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Jika Anda memiliki kebutuhan desain dan produk akrilik, jangan ragu untuk mengubungi Tristar Eka Pratama.

Artikel Lainnya

Agustus 11, 2021
Mengenal Akrilik dan Cara Membuat Gantungan Kunci Akrilik

Akrilik ternyata ada cukup banyak di sekitar, misalnya saja frame akrilik, jendela akrilik, gantungan kunci akrilik, hingga cat kuku akrilik. Namun, sebenarnya apa itu akrilik? Akrilik merupakan sebuah istilah yang dipakai untuk produk yang terdapat kandungan zat yang asalnya dari asam akrilik ataupun senyawa yang terkait. Bahan sintetis yang transparan ini pun dikenal dengan nama […]

Read More
Agustus 10, 2021
Meja Akrilik, Furniture Kekinian Unik dan Inovatif

Akrilik merupakan salah satu material yang saat ini cukup banyak digunakan untuk berbagai furniture dan perlengkapan lainnya, salah satunya adalah meja. Acrylic akan membuat tampilan interior menjadi berbeda dan indah.  Karakteristik Acrylic Acrylic adalah salah satu bahan yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Material ini terbuat dari plastic polimer transparan yang berupa lembaran. Saat ini […]

Read More
Agustus 6, 2021
Akrilik AC, Solusi Untuk Ruangan AC yang Lebih Sehat

Akrilik AC merupakan salah satu komponen yang wajib digunakan bagi siapa saja yang menggunakan penyejuk ruangan atau AC. Namun pemakaian AC kadang juga menimbulkan kontroversi karena berpotensi menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Padahal, salah satu solusi untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan acrylic AC. Apa Fungsi Akrilik AC? Acrylic untuk AC juga sering disebut dengan penghalau angin, […]

Read More
Star Royal Logo
Tristar Eka Pratama
Tristar Eka Pratama atau dikenal dengan merek dagang Star Royal adalah perusahaanyang bergerak di bidang manufaktur dalam pembuatan lembaran akrilik, aksesoris akrilik, dan produk jadi dengan bahan dasar akarilik.
Hubungi Kami
© 2021 Tristar Eka Pratama. Created By Grow & Bless